Dibaca 602 kali


Rumah Murah & Cantik Rp 70 Juta




Prototipe rumah murah Rp 70 juta yang dibuat Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) yang berlokasi di kantor Kemenpera Jalan Raden Fatah, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan banyak menyedot perhatian publik.

Misalnya Iin Indrawati salah satu karyawati di sebuah kantor di BEI, Sudirman, sangat antusias mencari informasi bagaimana mendapatkan rumah murah seharga Rp 70 juta yang lokasinya di pinggiran Jakarta.

Iin yang merupakan pasangan muda ini mengidamkan sebuah rumah sehat sederhana dengan harga terjangkau. Ia mungkin salah satu dari sekian banyak pasangan muda yang ingin segera punya rumah berharga miring di sekitar Jakarta, dari pada harus mengontrak rumah atau terus tinggal di rumah mertua.


Iin dari sekian banyak pembaca detik.com yang sangat berharap segera ada rumah murah yang layak di pinggiran Jakarta. Maklum saja, semenjak adanya prototipe rumah murah di kemenpera, redaksi kabanjiran pertanyaan dari masyarakat yang mencari tahu rumah murah tersebut.

Menurutnya ia dan teman-temannya sangat tertarik dengan harga rumah Rp 70 juta. Iin mengaku sudah mencoba mencari rumah seharga itu di Jakarta dan pinggiran Jakarta, namun umumnya lingkungannya tak nyaman karena masuk dalam gang.

\\\”Yang saya datangin, nggak segitu harganya (dalam kompleks), kalau yang gang masih ada harga Rp 70 juta,\\\” kata karyawati 29 tahun ini.



 

Seperti diketahui Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz sengaja membuat prototipe rumah murah di halaman kantornya untuk mendorong pengembang membangun rumah tipe 36 dengan harga di bawah Rp 70 juta. Dengan teknologi konvensional rumah semacam ini bisa dibangun dengan hanya Rp 25 juta di luar tanah dan prasarana lainnya.

Secara kenyataanya rumah semacam ini mustahil di bangun di Jakarta termasuk pinggiran Jakarta jika biaya administrasi seperti IMB, pemasangan air dan listrik tak disubsidi, apalagi tanah di Jakarta dan pinggiran Jakarta sudah tinggi. Kemenpera tengah mengupayakan memangkas biaya-biaya itu yang selama ini berkontribusi 20% terhadap harga rumah.

Deputi Pembiayaan Kemenpera Sri Hartoyo pernah mengatakan harga rumah murah Rp 70 juta bisa masuk hitungan jika harga tanahnya berkisar Rp 200-300.000 per meter. Ia mengatakan soal rumah murah ini masih dibicarakan dengan pengembang yang tertarik.
(hen/dnl)

Sumber : Finance.detik.com

Ingin melihat property diatas?:

  1. Silahkan Hub kami di 0819 04173 139, mohon untuk tidak mendadak, Call/WA untuk bikin janji survey lokasi
  2. Pembeli tidak kami bebankan biaya / komisi apapun untuk jasa kami
  3. Kami Membantu proses negosiasi antara penjual dan pembeli
  4. Kami Membantu merekomendasikan Bank untuk pembiayaan jika diperlukan
  5. Kami Membantu merekomendasikan Notaris jika diperlukan
  6. Dilarang mengiklankan content, data dan gambar kami untuk kepentingan pribadi
  7. Untuk co-broking dari listing kami, kami sediakan referal fee sebesar 1%

Kontak Info :


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *