Untung-Rugi Beli Rumah Secara Tunai dan KPR, Lebih Pilih Mana?

Seperti yang kita tahu, Kredit Pemilikan Rumah (KPR) adalah solusi bagi setiap orang untuk bisa lebih cepat punya rumah. Meskipun demikian, banyak yang bilang kalau membeli rumah secara tunai akan lebih menguntungkan. Benarkah hal tersebut? Kita bahas perbandingannya, yuk!

Keuntungan Tunai

Hal pertama yang akan kita bahas adalah keuntungan membeli rumah secara tunai. Langsung saja, ini dia keuntungannya:

  1. Lebih Murah
    Percayakah Anda kalau membayar tunai pasti akan lebih murah? Ini tentu disebabkan oleh tidak adanya bunga ketika transaksi berlangsung. Meski tergolong kecil, bunga yang harus dibayarkan per bulan pun tentu menjadi beban. Bukan hanya itu, pembeli pun akan terbebas dari biaya administrasi seperti membeli secara KPR.
  1. Proses Cepat dan Mudah
    Membeli rmah secara tunai tentu akan jauh lebih cepat karena bisa melakukan transaksi langsung dengan pihak pemilik atau penjualnya. Berbeda halnya jika membeli rumah secara KPR. Anda akan melewati rangkaian proses yang harus dilewati dengan campur tangan bank.
  1. Proyektif untuk Investasi
    Ketika membeli rumah secara tunai, maka Anda sudah bisa langsung memproyeksikannya sebagai aset investasi. Tak butuh waktu lama, cukup 3 hingga 5 tahun, Anda sudah bisa menjualnya kembali dengan keuntungan yang cukup besar.

Keuntungan KPR

Setelah mengetahui keuntungan membeli rumah secara tunai, kini saatnya mengetahui juga keuntungan membeli rumah secara KPR, yaitu:

  1. Cukup Siapkan Sedikit Dana
    Ketika membeli rumah menggunakan sistem KPR, tentu Anda tidak perlu membutuhkan uang dalam jumlah banyak. Maksudnya begini, cukup siapkan uang untuk uang muka, maka Anda sudah bisa tinggal di rumah impian.
  1. Cicilan Bisa Disiasati
    Banyak yang merasa terbebani dengan cicilan KPR, namun nyatanya hal ini bisa disiasati!
    Anda bisa membayar cicilan KPR dengan jumlah kecil apabila membayar uang muka dalam jumlah yang cukup besar.
    Anda juga bisa memilih tenor yang panjang agar cicilan rumah per bulannya terasa ringan.



Kerugian Tunai

Sudah tahu keuntungan dari sistem pembayaran tunai dan KPR? Anda juga harus tahu kerugian dari keduanya! Ini dia kerugian dari sistem pembayaran tunai:

  1. Butuh Banyak Dana
    Seperti yang kita tahu, membeli rumah secara tunai tentu membutuhkan dana yang cukup banyak. Terlebih lagi harga rumah selalu naik dari tahun ke tahun.
  1. Kemungkinan Rumah Berisiko
    Salah satu risiko membeli rumah secara tunai adalah bisa saja mendapatkan rumah yang bermasalah atau terkena sengketa. Kalau sudah begini, tentu Anda akan rugi karena uang akan melayang dengan sia-sia. Berbeda halnya jika membeli rumah secara KPR, rumah yang Anda beli tentu sudah melalui pengecekan bank.

 

Kerugian KPR

  1. Harga Lebih Mahal
    Bukan rahasia lagi jika membeli rumah secara KPR tentu lebih mahal. Hal ini disebabkan adanya bunga yang harus dibayarkan saat cicilan berlangsung, apalagi jika Anda menggunakan KPR konvensional yang bunganya terus naik dari waktu ke waktu.Perlu Anda ketahui juga bahwa semakin lama tenor yang dipilih, maka biaya yang harus dibayarkan pun akan semakin besar.Oleh karena itu, Anda harus siap dengan risiko kenaikan suku bunga tersebut.
  1. Berisiko Disita
    Selain harus siap dengan cicilan yang cukup tinggi, Anda juga harus siap dengan risiko penyitaan rumah. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Jika Anda tidak mampu membayar cicilan KPR, maka bukan tak mungkin rumah tersebut pun akan disita oleh pihak bank.

Nah, itulah perbandingan untung-rugi membeli rumah secara tunai dan KPR.
Kalau Anda, lebih memilih untuk membeli rumah dengan metode pembayaran yang mana?

 


Sumber : blog.Urbanindo.com


Hubungi kami via WhatsApp!



Ingin melihat property diatas?:

  1. Silahkan Hub kami di 0819 04173 139, mohon untuk tidak mendadak, Call/WA untuk bikin janji survey lokasi
  2. Pembeli tidak kami bebankan biaya / komisi apapun untuk jasa kami
  3. Kami Membantu proses negosiasi antara penjual dan pembeli
  4. Kami Membantu merekomendasikan Bank untuk pembiayaan jika diperlukan
  5. Kami Membantu merekomendasikan Notaris jika diperlukan
  6. Dilarang mengiklankan content, data dan gambar kami untuk kepentingan pribadi
  7. Untuk co-broking dari listing kami, kami sediakan referal fee sebesar 1%

Kontak Info :


Dibaca 90 kali