Panduan Feng Shui Hunian Anda!

Di masyarakat Cina, sejak zaman kuno ada kepercayaan antara hubungan manusia dan huniannya yang diyakini bisa membawa hidup sehat, lancar rejeki, dan bahagia. Keyakinan ini disebut feng shui. Karena ada kaitannya dengan hunian, orang banyak menyebutnya dengan feng shui rumah.

Apa itu Feng Shui Rumah?

Sebenarnya, Feng shui rumah adalah ilmu topografi kuno dari Tiongkok yang meyakini jika hubungan manusia, langit, dan bumi bisa harmonis jika manusia mau menerima energi (chi) positif dan menghindari energi negatif.

Dua energi tersebut diyakini dapat dipengaruhi oleh faktor tata letak hunian kita. Untuk itu, feng shui rumah sering menjadi panduan dalam membangun tempat tinggal agar penghuninya bisa hidup sehat dan beruntung alias hoki.



Panduan Feng Shui Rumah Terbaru

Feng shui rumah tinggal hoki ini menjadi dambaan banyak orang. Dalam membangun rumah yang bisa melancarkan rejeki, ada beberapa hal yang bisa menjadi panduan.

1. Gunakan warna yang mendatangkan rezeki

Untuk masyarakat Tionghoa, warna emas dianggap bisa memberikan energi positif. Untuk itu, gunakan warna emas agar bisa mendatangkan rejeki. Tak harus seluruh ruangan berwarna emas.

Anda bisa memberi akses cat ruangan dengan warna emas. Jika Anda ingin hal yang lebih, dekorasi atau hiasan emas bisa menjadi salah satu alternatifnya.

2. Letakkan simbol rejeki di ruang tamu

Budaya Cina memiliki kaitan erat dengan binatang-binatang. Binatang biasanya dijadikan simbol dalam pengelompokkan shio. Dalam urusan rejeki, binatang naga menjadi simbol yang sering dikaitkan dengan kelancaran rejeki.

Tak heran banyak orang menghadirkan patung naga emas di tengah ruangan mereka karena diyakini dapat menjadi salah satu hal yang mendatangkan rejeki.

3. Ruang terbuka yang luas tapi minim perabotan

Pada masyarakat modern, gaya hidup minimalis memang membuat hidup lebih ringkas. Apalagi jika ruangan luas dengan perabotan minimalis.

Secara logis, kondisi ini membuat kita mudah dan bebas bergerak, tanpa dipenuhi dengan barang-barang. Minimnya barang perabotan juga memudahkan kita dalam merawat barang.

4. Menaruh aliran air dalam ruangan

Air adalah simbol dalam kelancaran rejeki. Simbol ini biasanya diletakkan di dalam ruang tamu atau ruang tengah. Mereka yang meyakini feng shui, biasanya membangun akuarium atau hiasan air yang mengalir agar bisa mendatangkan rejeki.

Namun di sisi lain, memberikan sentuhan natural berupa aliran air pada ruangan akan memberikan rasa tenang dari gemericik air.

5. Memasang kaca dalam ruangan

Dalam feng shui rumah tinggal hoki, kaca atau cermin diyakini sebagai pemancar energi positif dan pembawa keberuntungan. Sehingga rumah yang menggunakan dek kaca dirasa bisa membawa banyak energi positif.

Di luar itu, dari segi interior kaca membuat ruangan lebih dekoratif. Dengan adanya kaca juga membuat rumah menjadi banyak cahaya sehingga lebih sehat dan hemat daya listrik ketika siang hari.

Tata Letak dalam Feng Shui Rumah

Feng shui rumah tinggal hoki juga diyakini dipengaruhi dengan tata letak kamar dan perabotan. Beberapa contoh peletakan berikut bisa Anda cegah untuk mengurangi nilai hoki menurut fengshui rumah.

Kamar Mandi

Ada feng shui yang mengatakan bahwa akan lebih baik jika kamar mandi diletakkan tidak di dekat kamar tidur, dapur dan tempat ibadah di rumah.

Mengapa? Ketiga ruangan tersebut memiliki aura positif yang jika di dekatnya terdapat kamar mandi, maka energi negatif akan menutupi energi asli dari ruangan tersebut. Tentu, aura negatif kurang memberikan hoki pada feng shui rumah.

Pintu Utama

Pintu utama adalah tempat masuknya seluruh energi, baik positif dan negatif. Untuk itu, pintu ini sebaiknya proporsional dengan ukuran rumah. Selain itu, pintu utama sebaiknya juga langsung mengarah ke pintu belakang. Agar jika ada energi negatif bisa langsung ke luar tanpa sempat mampir ke dalam rumah.

Kamar Tidur

Mengenai kamar tidur, menurut feng shui rumah, kamar ini disarankan untuk tidak berada di atas garasi. Hal tersebut diyakini akan mempengaruhi energi positif. Namun secara logika ini juga masuk akal.

Tidur di atas garasi tentu membuat Anda tak nyaman. Entah dikarenakan oleh suara kendaraan atau polusi yang mungkin bisa saja masuk ke dalam kamar.

Dapur

Posisi dapur sebaiknya tidak berhadapan dengan kamar mandi. Hal ini dikarenakan kamar mandi diyakini memiliki energi negatif, sedangkan dapur memiliki energi positif.

Sehingga jika berhadapan, maka energi positif dapur diyakini akan tersedot oleh energi negatif dari kamar mandi. Tentu posisi ini juga tak nyaman untuk masak atau saat ada penghuni rumah yang makan di area dapur.

Tangga

Jika rumah Anda bertingkat, hindari meletakkan tangga di tengah ruangan. Hal ini diyakini membuat energi rumah tak seimbang. Dari sisi interior, tangga di tengah ruangan juga lebih memakan tempat dan menghambat pergerakan penghuninya.

Selain itu, sangat disarankan bagi Anda untuk menghindari tangga dengan sudut tajam. Bentuk tajam ini disebut ‘panah gelap’ dan dilihat dari segi keamanan, sudut tajam memang lebih membahayakan karena dapat melukai.

Dengan pengetahuan tentang feng shui rumah tinggal hoki ini, tentu bisa menjadi pertimbangan Anda membangun rumah. Usahakan hindari apa yang menjadi larangan, dan memahami anjuran yang disarankan.

Mengikuti panduan feng shui rumah tinggal hoki ini, semoga rumah Anda makin banyak energi positifnya dan membuat penghuninya sehat dan lancar rejeki. Selamat mencoba!